Sabtu, 30 Maret 2013

Panduan FASI 2013

Pemberitahuan FASI Kec Gunungpati 2013
Download disini :  Pemberitahuan FASI 2013



PELAKSANAAN LOMBA FASI TINGKAT KECAMATAN GUNUNGPATI 2013

1.    Waktu dan Tempat            : Hari Ahad, 12 Mei 2013
                                                  Jam : 07.30 s/d selesai
                                                  Di  MTs Al Islam Gunungpati
2.    Tempat Pendaftaran          : 1. Ketua Badko kec. atau Koordinator Wilayah
                                                  2. Melalui SMS ke Nomor HP :
                                                            - 085292116585
                                                            - 081390044298
                                                  Format : Nama TPQ, cabang lomba

3.    Biaya Pendaftaran             : Infak Pendaftaran Rp. 5000 per Jenis Lomba yang diikuti

Batas akhir pendafaran (Penyerahan Formulir dan Infak) adalah Tanggal 9 Mei 2013, dan bagi yang mendaftar setelah tanggal tersebut tidak diterima.

Keterangan :
1.      FASI Tingkat Kota Semarang Tanggal 2 Juni 2013
2.      FASI Tingkat Provinsi Tanggal 28 – 29 Juni 201



PANDUAN FASI 2013

1.         Usia peserta  diatur sebagai berikut :
         a.   Santri TKA, usia maksimal 7 tahun pada tanggal 1  Juli   2014. ( lahir max. 1 Juli 2007)
         b.  Santri TPA, usia maksimal 12 tahun pada tanggal 1 Juli  2014. ( lahir max. 1 Juli 2002)
         c.   Santri TQA, usia maksimal 15 tahun pada tanggal 1 Juli  2014. ( lahir max. 1 Juli 1999)
2.       Keabsahan mengenai usia peserta dilampiri dengan foto copy Akte Kelahiran/ Surat Kenal Lahir dan atau Ijazah yang mereka miliki dengan memperlihatkan aslinya pada saat daftar ulang.

3.    Ketika  Tampil
       a.       Peserta tidak perlu mengucapkan salam baik di awal maupun di akhir penampilan untuk semua cabang lomba kecuali lomba pidato.
       b.      Khusus untuk cabang lomba tartil, tilawah dan tahfidz, bacaan dimulai dengan ta’awudz dan diakhiri dengan tashdiq ( tanpa mengucap salam di awal dan di akhir ).
       c.       Penentuan Maqro’ :     
                                                                                            
1)    Tartil TKA dan TPA
a)         Pada babak penyisihan maqro dapat diambil pada saat technical meeting.
b)        Pada babak final maqro dapat diambil 30 menit sebelum lomba dimulai.

2)    Tilawah TQA
a)    Pada babak penyisihan maqro dapat diambil pada saat technical meeting dengan ketentuan sebagai berikut :
* QS. Al Baqarah, dimulai ayat 254
* QS. An Nahl dimulai ayat  66
* QS. Al Mu’minun dimulai ayat 23
* QS. Al Isra dimulai ayat 78
* QS. Lukman dimulai ayat 1
* QS. Al-Fath dimulai ayat 27
b)    Pada babak final, peserta harus menyerahkan maqro yang akan dibaca minimal satu jam sebelum tampil.             


I.              Cabang Lomba yang dilaksanakan di tingkat Jawa Tengah :


KATEGORI TKA/ TKQ
Jenis Lomba
Jumlah Peserta
1.    Tartil
2
pa & pi
2.    Adzan & Iqomah
1
pa
3.    Cerdas Cermat Al-Quran
3
pa/pi/campuran
4.    Mewarnai Gambar
2
pa & pi
5.    Ceramah Bahasa Indonesia
2
pa & pi
6.    Ikrar & Nasyid
5
pa/pi/campuran
7.    Puitisasi
5
pa/pi/campuran
Jumlah
20

KATEGORI TPA/ TPQ
1.    Tartil
2
pa & pi
2.    Adzan & Iqomah
1
pa
3.    Cerdas Cermat Al-Quran
3
pa/pi/campuran
4.    Menggambar
2
pa & pi
5.    Ceramah Bahasa Indonesia
2
pa & pi
6.    Peragaan Sholat Berjamaah
10
pa & pi
7.    Ikrar & Nasyid
5
pa/pi/campuran
8.    Puitisasi
5
pa/pi/campuran
Jumlah
30

KATEGORI TQA
1.    Tilawah
2
pa & pi
2.    Hafalan (Tahfidz) Juz’amma
2
pa & pi
3.    Tarjamah Lafdziyah
3
pa/pi/campuran
4.    Kisah Islami
2
pa & pi
5.    Kaligrafi
2
pa & pi
6.    Ceramah Bahasa Indonesia
2
pa & pi
7.    Ceramah Bahasa Inggris
2
pa & pi
8.    Ceramah Bahasa Arab
2
pa & pi
9.    Peragaan Sholat Berjamaah
5
campuran
10.  Rebana
10
pa/pi/campuran
Jumlah
32

 

1.    TARTIL   AL  QUR’AN

a.    Materi Lomba :

1)     TKA, membaca ayat antara Juz 1 - 10, waktu 5 menit.

2)     TPA, membaca ayat antara Juz 11 - 20, waktu 5 menit.


c.    Sistem Penilaian:
Pelaksanaan lomba dinilai oleh 3 orang hakim sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing yang diatur sebagai berikut :

1)    Bidang Tajwid, terdiri dari:
a)    Makharijul huruf . (مخا رج الحروف  )
b)    Sifatul huruf. (  صفا ت الحروف )
c)    Ahkamul huruf. (   احكام الحروف     )
d)    Ahkamul Mad Wal Qoshr. ( احكام المد والقصر   )

2)    Bidang Fashahah dan adab, terdiri dari :
a)    Al waqfu wal ibtida’ (   الوقف والابتداء   )
b)   Muro’atul Huruf wal Harokat (   مراعة الحروف والحركات    )
c)    Mura’atul Huruf wal ayat  (  مراعة الحروف وا لايات    )
d)    Adabut Tilawah   (    ا د ب التلا وة     )

3)    Bidang suara dan irama, terdiri dari :
a)    Keindahan suara
b)    Irama dan variasi
c)    Keutuhan dan tempo bacaan
d)    Pengaturan nafas
e)    Jumlah lagu
f)     Lagu pertama dan penutup

4)    Aspek dan Score Penilaian :  
No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Tajwid
Fashahah dan adab
Bidang suara dan irama
35
35
30
20
20
10

Jumlah
100
50

2.   ADZAN DAN IQOMAT
d.  Materi :
1). Materi Pokok : Lafadz Adzan dan Iqomat.
2). Materi Tambahan : Do’a sesudah adzan dikeraskan.

e.  Aspek dan score Penilaian :

No.
Bidang penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
Bidang Tajwid & Fashahah
Bidang Lagu & Suara
Bidang Adab & Kerapihan
35
35
30
20
20
10

Jumlah
100
50
 

I.              Cabang Lomba Ikrar dan Nasyid :

a.    Peserta  :

1)     Santri TKA, 1 group putra/putri/campuran (sebanyak 5 orang).

2)     Santri TPA, 1 group putra/putri/campuran (sebanyak 5 orang).

3)     Boleh menggunakan alat musik (organ/gitar) atau kaset karaoke( Minus One).

4)     Bentuk nyanyian vokal grup.

b. Kategori TKA/ TKQ :
Lagu Wajib      : Betapa
Lagu Pilihan     : -    Sayangi Ayah Bunda
-      Allah Maha Pencipta
-      Satu Huruf
-      Sholat

c. Kategori TPA/ TPQ :
Lagu Wajib      : Di Keheningan Malam
Lagu Pilihan     : -    Ya Muhammad
-      Munajat
-      Tiada Tuhan Selain Allah
-      Mukjizat

           d. Sumber               : Kaset Lagu Terbaik TK / TP Al Qur’an 2010

e. Aspek dan Score Penilaian


No.
Bidang penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Kualitas  Vocal
Ketepatan Nada dan Kesesuaian Irama
Teknik Nafas dan Peralihan Suara
Penghayatan / Ekspresi
Variasi Gerak dan Kekompakan
Kostum
30
20
20
10
15
5
15
10
10
5
7
3

Jumlah
100
50
 

4.   PUITISASI AL-QUR’AN
a.   Peserta :
1)    Santri TKA, 1 group putra/ putri/ campuran ( sebanyak 5 orang).
2)    Santri TPA, 1 group putra/ putri/ campuran ( sebanyak 5 orang).

b.   Materi  :
1.     Puitisasi Terjemah Al-Qur’an       :
a)       TKA : ……………………………………………….
b)       TPA : ……………………………………………….
c.   Waktu tampil 10 – 15 menit
d.   Teknik tampil    :
·       Ayat Al-Qur'an tidak dibaca
·       Puitisasi Al-Qur’an ditampilkan dengan sistem pembacaan puisi berantai/ kelompok (tidak membaca teks)
·       Tidak menggunakan iringan alat musik

e.   Aspek dan Score Penilaian :
                 
No.
Bidang penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
2.
3.
4.
5.
Tehnik Vocal/Intonasi/Artikulasi/Aksentuasi
Penghayatan
Gesture ( Ekspresi  Gerak )
Sikap
Kostum
40
30
10
10
10
20
15
5
5
5

Jumlah
100
50

5.   CERDAS CERMAT AL-QUR'AN
a.    Peserta:
2)  Santri TKA, 1 Group terdiri dari 3 orang Putra/ Putri/ Campuran
3)  Santri TPA, 1 Group terdiri dari 3 orang Putra/ Putri/ Campuran
b.   Materi  CCQ dibuat oleh Panitia Khusus :
1)     TK Al Qur’an, meliputi    :
a)   Buku Iqra' jilid 1 s/d 6.
b)   Materi Hafalan Bacaan Sholat dan Surat Pendek.
c)   Do'a  Harian  dan Adabnya.
d)  Pengetahuan Keislaman/ Dinul Islam.
2)      TP Al Qur’an, meliputi :
a)    Al Qur’an
b)   Ilmu  Tajwid
c)    Materi Hafalan Bacaan Sholat, Do’a Harian dan Adabnya, Surat Pendek serta Ayat Pilihan
d)   Pengetahuan Keislaman / Dinul Islam
b.      Ruang Lingkup Bahan Lomba Cerdas Cermat :

No.
Pokok  Bahasan
Materi  CCQ
TKA
TPA
1.
Iqro jilid  1 – 3
1
-
2.
Iqro jilid  4 – 6
1
-
3.
Hafalan Bacaan sholat
2
1
4.
Hafalan Doa Harian dan Adabnya
2
2
5.
Hafalan Surah Pendek
2
2
6.
Hafalan Ayat Pilihan
-
1
7.
Ilmu Tajwid dan Al Qur'an
-
2
8.
Pengetahuan KeIslaman / Dinul Islam
2
2
Jumlah
10
10

6.   MEWARNAI GAMBAR ( TK Al Qur’an )
a.    Peserta
1)    Santri TKA, terdiri dari satu (1) putra dan satu (1) putri.
2)     Waktu 90 menit
3)     Alat mewarnal dibawa oleh masing-masing peserta.
4)     Kertas gambar disediakan oleh Panitia dengan A3.
b.    Materi (Kerangka Gambar)
                     Gambar mengacu kepada tema :  ……………………………….
c.    Aspek dan Score Penilaian

No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
A.
Bidang Variasi Warna



1. Pemilihan Warna
25
15

2. Tata Warna
20
10
B.
Bidang Keindahan



1. Kekayaan Warna
20
10

2. Kekayaan Imajinasi
20
10

3. Kebersihan dan Kehalusan
15
5
Jumlah
100
50
7.   MENGGAMBAR ( TP Al Qur’an )
a.    Peserta :
1)    Santri TPA, terdiri dari satu (1) putra dan satu (1) putri.
2)     Waktu 120 menit.
3)     Alat gambar dibawa oleh masing-masing peserta.
4)     Kertas gambar disediakan oleh Panitia dengan ukuran A3.

b.    Materi ( Kerangka Gambar ) :
                     Gambar mengacu kepada tema : " .............................................. "
c.    Aspek dan Score Penilaian

No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
A.
Bidang Bentuk Gambar



1. Kesesuaian gambar dengan tema
10
5

2. Artistik
30
20

3. Kelengkapan Imajinasi
20
10
B.
Bidang Keindahan



1. Pemilihan  Warna
15
5

2. Kekayaan Imajinasi
15
5

3. Kebersihan dan Kehalusan
10
5
Jumlah
100
50

8.   TILAWAH ( TQA )
a.       Materi
1)      Alternatif Maqro mengacu pada maqro yang telah ditentukan panitia
2)      Maqro dibaca oleh peserta selama 6 - 7 menit atau menunnggu tanda berhenti dari Dewan Hakim
b.       Sistem Penilaian sama dengan sistem penilaian pada lomba Tartil Al Qur’an  TKA/TPA
c.       Aspek dan Score Penilaian sebagai berikut :

No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
Tajwid
40
20
2.
Fashahah dan Adab
20
10
3.
Bidang Suara dan Lagu
40
20
Jumlah
100
50

9.   HAFALAN JUZ’AMMA
a.    Tehnik Lomba :
1)       Membaca/menyambung ayat yang dibaca oleh Dewan Hakim.
2)       Menyebut nama surah yang dibacakan petugas.
3)       Membaca ayat sebelumnya, yang dibaca oleh Dewan Hakim.
4)       Setiap peserta mendapatkan 5 (lima) soal.
b.    Materi Penilaian :
1)       Bidang Tajwid, terdiri dari :
v Makharijul-huruf (مخا رج الحروف  )
v Shifatul-huruf. (  صفا ت الحروف )
v Ahkamul-huruf. (   احكام الحروف     )
v Ahkamul-madd wal qashr. ( احكام المد والقصر   )
v Tamamul-qira’ah.  ( تمام القراءة  )
2)       Bidang Fashahah dan adab, terdiri dari :
v Al-waqf wal ibtida’. (   الوقف والابتداء   )
v Adabut-tilawah.   (  ا د ب التلا وة  )
v Tartil. (  ترتيل  )
v Tamamul-qira’ah. ( تمام القراءة  )

3)       Bidang Tahfizh ( Hafalan ), terdiri dari :
a)    Mura’atul-ayat :  ( عة الايات مرا )
v Tarkul-ayat. ( ترك الايا ت )
v Tawaqquf. (توقف )

b)    Sabqul-lisan :
v Tarkul-huruf awil-kalimah. (  تر ك الحروف اوالكلمات )
v Ziyadatul-huruf awil-kalimah. (  زياد ة الحروف او الكلمات )
v Tabdilul-kalimah awil-harakah. (    تبديل الكلمات او الحركات)
v Tardiidul-kalimah. ( ترديد الكلمات  )
v Tamamul-qira’ah.  ( تمام القراءة  )

c.    Aspek dan Score Penilaian :

No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
Tajwid
40
20
2.
Fashahah dan Adab
20
10
3.
Tahfidz  ( Hafalan )
40
20
Jumlah
100
50

10.        TARJAMAH  LAFDZIAH
a.       Materi

1)   Materi / bahan lomba adalah terjemahan surah al Qari'ah sampai Surah ad Duha (9 surat)
2)   Pendekatan yang dilakukan adalah pemahaman tekstual dan kontekstual
3)   Sistem penilaian mengacu pada cabang lomba Cerdas Cermat Al Qur’an ( lihat pada halaman 10 )
4)   Materi dibuat oleh panitia khusus dengan ruang lingkup, sebagai berikut  :

No.
Pokok  Bahasan
Materi  CCTL
Jumlah Soal
1.
Makna simbol /Nama Surah
2
2.
Makna Kalimah (Lafdziah)
4
3.
Intisari sebuah ayat
2
4.
Intisari sebuah surat
1
5.
Pemahaman Kontekstual
1
Jumlah
10

11.   KISAH ISLAMI
a.    Ketentuan Materi
1)        Tema dan Inti cerita tentang pembentukan Aqidah-Akhlaq yang mengacu pada ayat Al-Qur’an dan atau Al-Hadits (sebagai rujukan utama). Kemasan ceritanya dapat diambil dari kisah-kisah dalam Al-Qur’an, Al-Hadits, Sejarah Islam sejak masa Rasulullah Saw sampai dengan masa Tabi’in (para Imam)
2)        Setiap peserta harus menyiapkan dan menyerahkan narasinya kepada Dewan Hakim (diketik rapi) dan menyebutkan identitas pengarangnya
3)        Durasi waktu maksimal antara 10 sampai 15 menit

b.    Aspek dan Score penilaian

No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
Isi Cerita
40
25
2.
Pengembangan Imaginasi
35
15
3.
Retorika Penyampaian Cerita
25
10
Jumlah
100
50


12.   KALIGRAFI
a.       Materi  ( Pilihan  Teks  Kaligrafi )
1)        Jenis tulisan adalah khat Naskhi atau Tsuluts (pilih salah satu)
2)        Jenis kaligrafi Hiasan Mushaf
3)        Peserta diperkenankan menggunakan “ Mal
4)        Bahan tulisan dipilih salah satu dari pilihan, sebagai berikut   :
       a) QS. Luqman  ( 31 ): 11.
            ” Yaa Bunayya Laa Tusyrik billaahi, innasysyirka lazhulmun ’azhiim ”
b) QS. Al-Qamar ( 54 ) : 17
            ” Wa laqad yassarnal quraana lidzdzikri fahal min mudzdzakir ”
       c) QS. Al-Mujadilah ( 49 ) : 11
            ” Yarfa’illahul ladziina aamanuu minkum wal ladziina uutul ’ilma darajaatin ”
       d) Hadits Nabi SAW :
              Khairukum man ta’allamal quraana wa’allamahuu ”
       e) Hadits Nabi Saw :
            ” Zayyinuu manaazilakum bishshalatai wa tilaawatil qur’aan ”

b.       Alokasi Waktu dan Peralatan
1)        Alokasi waktu yang disediakan maksimal 180 menit
2)        Peralatan Kaligrafi disediakan oleh masing – masing peserta
3)        Kertas disediakan oleh panitia penyelenggara dengan ukuran A2 ( 60 X 42 )
                                   
c.       Aspek dan Score penilaian
              
No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
Ketepatan Kaidah Tulisan
50
20
2.
Kebersihan Keindahan Penulisan
30
10
3.
Keserasian warna & ornamen/hiasan
20
20
Jumlah
100
50


13.   LOMBA CERAMAH BAHASA INDONESIA
a.    Materi/ Tema Pidato
Ketentuan materi atau tema pidato yang dibawakan adalah sebagai berikut  :
1)   TKA, dengan tema :  " ................................... "
2)   TPA, dengan tema :  " ..........................................”
3)   TQA, dengan tema :  " ............................................ "

b.      Waktu Pidato  maksimal 10 -15 menit
c.      Pidato tanpa menggunakan teks
d.      Isi pidato dilengkapi dengan Al-Qur’an dan Hadits
e.      Materi Penilaian :
1)   Bidang Isi dan Bahasa terdiri dari :
a)    Bobot uraian & cakupan
b)    Sistimatika Uraian
c)    Ungkapan Bahasa
d)    Gaya Bahasa
2)   Bidang Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits
a)    Kebenaran Bacaan
b)    Kebenaran Terjemah
c)    Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3)   Bidang Retorika / Metode Penyampaian
a)    Vokal, Intonasi dan Aksentuasi
b)    Ekspresi
c)    Adab

f.        Aspek dan Score Penilaian
No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
Isi dan Bahasa
40
20
2.
Dalil
25
10
3.
Retorika / Metode penyampaian
35
20
Jumlah
100
50

14.   LOMBA CERAMAH BAHASA ARAB
a.Materi
·        Materi pidato bertemakan  الجيل المستقبل
·        Waktu Pidato maksimal 10 - 15 Menit
·        Pidato tanpa menggunakan teks
·        Pidato menggunakan Bahasa Arab Fushah
·        Isi pidato dilengkapi dengan Al-Qur’an dan Hadits
b. Materi Penilaian
1)        Bidang Isi dan Bahasa terdiri dari :
a)       Bobot uraian & cakupan
b)       Sistimatika Uraian
c)       Ungkapan Bahasa
d)       Gaya Bahasa
2)        Bidang Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits
a)         Kebenaran Bacaan
b)         Kebenaran Terjemah
c)         Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3)        Bidang Retorika /Metode Penyampaian
a)  Vokal, Intonasi dan Aksentuasi
b)  Ekspresi
c)  Adab
 
c.Aspek dan Score Penilaian
                                   
No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
Isi dan Bahasa
40
20
2.
Dalil
25
10
3.
Retorika / Metode penyampaian
35
20
Jumlah
100
50


15.   LOMBA CERAMAH BAHASA INGGRIS
a.Materi
·        Materi pidato bertemakan  ..................................................... 
·        Waktu Pidato maksimal 10 - 15 Menit
·        Pidato tanpa menggunakan teks
·        Pidato menggunakan Bahasa Inggris
·        Isi pidato dilengkapi dengan Al-Qur’an dan Hadits
b. Materi Penilaian
1)        Bidang Isi dan Bahasa terdiri dari :
a)       Bobot uraian & cakupan
b)       Sistimatika Uraian
c)       Ungkapan Bahasa
d)       Gaya Bahasa
2)        Bidang Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits
a)         Kebenaran Bacaan
b)         Kebenaran Terjemah
c)         Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3)        Bidang Retorika /Metode Penyampaian
a)  Vokal, Intonasi dan Aksentuasi
b)  Ekspresi
c)  Adab
c.Aspek dan Score Penilaian
                                   
No.
Bidang Penilaian
Penilaian
Maksimal
Minimal
1.
Isi dan Bahasa
40
20
2.
Dalil
25
10
3.
Retorika / Metode penyampaian
35
20
Jumlah
100
50



16. SHOLAT BERJAMA'AH :
1.1.        Peserta santri TPQ dan TQA.
1.2.        Peserta kategori TPQ terdiri dari 2 grup secara terpisah, masing – masing grup beranggotakan 5 anak, grup putra dan grup putri.
1.3.        Peserta kategori TQA terdiri dari 1 grup campuran sebanyak 5 anak.
1.4.        Bacaan shalat dari Takbir sampai dengan Salam.
1.5.        Bacaan Imam dari Takbir sampai Salam DIKERASKAN dan untuk makmum TIDAK DIKERASKAN.
1.6.        Do'a yang dibaca sesudah sholat : Do'a Kedua Orangtua dan Kebaikan Dunia Akhirat dibaca bersama Imam dan Makmum DIKERASKAN.
1.7.        Sholat Maghrib Berjamaah surat pendek yang dibaca pada rakaat pertama At-Tiin pada rakaat kedua Al-Kafirun.
1.8.        Peserta lomba sholat Maghrib Berjamaah yang dikirim ke nasional merupakan peserta terbaik dari jamaah tersebut, dan hanya kategori TPQ.
1.9.        Aspek penilaian dan skor :
No

Bidang Penilaian

Penilaian

Ket

Maksimal
Minimal
1
Qouliyah
35
20

2
Fi’liyah
35
20

3
Do’a dan adab
30
10


JUMLAH
100
50

    


NB.
Untuk cabang lomba seperti Ikrar dan Nasyid, Puitisasi Al-Quran, Mewarnai Gambar, Menggambar, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, TEMAnya sama dengan FASI IV :

A.     Tema Puitisasi Al-Qur’an :
a.     TKQ : Surat An-Nashr, Al-Ikhlash, Al-Falaq.
b.     TPQ : Surat Al-Ma’un, Al Humazah, Al-Zalzalah, Al -‘Adiyat.
B.     Tema Mewarnai Gambar : Hijau Negeriku.
C.     Tema Menggambar : Kita Semua Bersaudara.
D.     Tema Pidato Bahasa Indonesia :
a.    TKQ : Qur’anku Keren.
b.    TPQ : Rasulullah SAW Idolaku.
c.    TQA : Generasi Dambaan Ummat.
E.     Tema Pidato Bahasa Arab :الجيل المستقبل  = al jailul mustaqbal (Generasi Masa Depan)
F.      Tema Pidato Bahasa Inggris : The Proud Generation (Generasi Dambaan)

G.    Ketentuan Lomba Rebana :
a.    Peserta santri TQA, 1 grup putra/ putri/ campuran (sebanyak maksimal 10 orang).
b.    Setiap peserta/ grup membawakan lagu wajib “Sholatun”, dan satu lagu pilihan bebas.
c.    Alat musik membawa sendiri.
d.    Waktu tampil 10 – 12 menit.
e.    Aspek dan skor penilaian :
No
Bidang Penilaian
Penilaian
Ket
Maksimal
Minimal
1
Kualitas vokal
30
15

2
Ketepatan Nada & Kesesuaian Irama
20
10

3
Tehnik Pengaturan nafas & Peralihan suara
20
10

4
Penghayatan / Ekspresi                
10
4

5
Variasi Gerak & Kekompakan
15
8

6
Kostum
5
3


JUMLAH
100
50



BISMILLAHIR ROHMANIR ROHIM
IKRAR

AKU SANTRI
TK/ TP AL-QUR’AN BKPRMI
DEMI BAKTIKU KEPADA ILAHI
DAN CINTAKU KEPADA AL-QUR’AN SUCI

AKU BERJANJI

1.       RAJIN SHALAT SEPANJANG HAYAT
2.       TAK LUPA MENGAJI SETIAP HARI
3.       BERBAKTI KEPADA AYAH DAN IBU
4.       TAAT DAN HORMAT KEPADA GURU
5.       MENUNTUT ILMU TIADA JEMU
6.       SAYANG KAWAN TAK SUKA LAWAN



MARS TK AL-QUR’AN
Cip. Tasyrifin Karim

          Kamilah Santri TK Al-Qur’an
          Rajin belajar giat beramal
          Qur’an di tangan jadi pedoman
          Kita sambut kebangkitan Islam
                   Bila kau jauh dari Al-Qur’an
                   Hidup laksana dalam gulita
                   Tiada pedoman tak tentu arah
                   Dunia akhirat tidak bahagia
                               Bila kau s’lalu dengan Al-Qur’an
                               Hidupmu pasti akan bahagia
                               S’lamat  di dunia damai sejahtera
                               Di akhirat mendapat surga


HYMNE TKA - TPA
Cip. Sustam Mulyadi

                                           Sejak kecil kami baca
                                           Al-Qur’an pedoman kami
                                           Agar tenang jiwa raga
                                           Selamat dunia akhirat

                                           Reff :
                                           Yaa Allah curahkanlah
                                           Rahmat-MU kepada kami
                                           Jadikanlah Qur’an suci
                                           Jalan terang hidup kami

                                           Tekad kami putra putri
                                           Santri TKA - TPA
                                           Pegang teguh Qur’an suci
                                           Mengharap ridha Ilahi
 
H. Formulir Pendaftaran
      Formulir Pendaftaran Peserta dapat di download pada link berikut :
      Formulir Pendaftaran

1 komentar:

PPDB MIS RAUDLATUL ATFAL 2025

  Penerimaan Peserta Didik Baru MIS Raudlatul Atfal Nongkosawit Tahun Pelajaran 2025/2026 Pendaftaran dapat dilakukan melalui :   PPDB MI RA...