Download disini : Pemberitahuan FASI 2013
PELAKSANAAN LOMBA FASI TINGKAT KECAMATAN
GUNUNGPATI 2013
1. Waktu
dan Tempat : Hari Ahad,
12 Mei 2013
Jam : 07.30 s/d selesai
Di MTs Al Islam
Gunungpati
2. Tempat
Pendaftaran : 1. Ketua Badko kec. atau Koordinator Wilayah
2. Melalui SMS ke Nomor HP :
- 085292116585
- 081390044298
Format : Nama TPQ, cabang lomba
3. Biaya
Pendaftaran : Infak
Pendaftaran Rp. 5000 per Jenis Lomba yang diikuti
Batas akhir pendafaran (Penyerahan
Formulir dan Infak) adalah Tanggal 9 Mei 2013, dan bagi yang mendaftar
setelah tanggal tersebut tidak diterima.
Keterangan :
1. FASI
Tingkat Kota Semarang Tanggal 2 Juni 2013
2. FASI
Tingkat Provinsi Tanggal 28 – 29 Juni 201
PANDUAN FASI 2013
1. Usia peserta diatur sebagai berikut :
a. Santri TKA, usia maksimal 7 tahun pada tanggal 1 Juli 2014. ( lahir max. 1 Juli 2007)
b. Santri TPA, usia maksimal 12 tahun pada tanggal 1 Juli 2014. ( lahir max. 1 Juli 2002)
c. Santri TQA, usia maksimal 15 tahun pada tanggal 1 Juli 2014. ( lahir max. 1 Juli 1999)
2. Keabsahan mengenai usia peserta dilampiri dengan foto copy Akte Kelahiran/ Surat Kenal Lahir dan atau Ijazah yang mereka miliki dengan memperlihatkan aslinya pada saat daftar ulang.
3. Ketika Tampil
a. Peserta tidak perlu mengucapkan salam baik di awal maupun di akhir penampilan untuk semua cabang lomba kecuali lomba pidato.
b. Khusus untuk cabang lomba tartil, tilawah dan tahfidz, bacaan dimulai dengan ta’awudz dan diakhiri dengan tashdiq ( tanpa mengucap salam di awal dan di akhir ).
c. Penentuan Maqro’ :
1) Tartil TKA dan TPA
a) Pada babak penyisihan maqro dapat diambil pada saat technical meeting.
b) Pada babak final maqro dapat diambil 30 menit sebelum lomba dimulai.
2) Tilawah TQA
a) Pada babak penyisihan maqro dapat diambil pada saat technical meeting dengan ketentuan sebagai berikut :
* QS. Al Baqarah, dimulai ayat 254
* QS. An Nahl dimulai ayat 66
* QS. Al Mu’minun dimulai ayat 23
* QS. Al Isra dimulai ayat 78
* QS. Lukman dimulai ayat 1
* QS. Al-Fath dimulai ayat 27
b) Pada babak final, peserta harus menyerahkan maqro yang akan dibaca minimal satu jam sebelum tampil.
d. Sumber : Kaset Lagu Terbaik TK / TP Al Qur’an 2010
I. Cabang Lomba yang dilaksanakan di tingkat Jawa Tengah :
KATEGORI TKA/ TKQ
| ||
Jenis Lomba
|
Jumlah Peserta
| |
1. Tartil
|
2
|
pa & pi
|
2. Adzan & Iqomah
|
1
|
pa
|
3. Cerdas Cermat Al-Quran
|
3
|
pa/pi/campuran
|
4. Mewarnai Gambar
|
2
|
pa & pi
|
5. Ceramah Bahasa Indonesia
|
2
|
pa & pi
|
6. Ikrar & Nasyid
|
5
|
pa/pi/campuran
|
7. Puitisasi
|
5
|
pa/pi/campuran
|
Jumlah
|
20
| |
KATEGORI TPA/ TPQ
| ||
1. Tartil
|
2
|
pa & pi
|
2. Adzan & Iqomah
|
1
|
pa
|
3. Cerdas Cermat Al-Quran
|
3
|
pa/pi/campuran
|
4. Menggambar
|
2
|
pa & pi
|
5. Ceramah Bahasa Indonesia
|
2
|
pa & pi
|
6. Peragaan Sholat Berjamaah
|
10
|
pa & pi
|
7. Ikrar & Nasyid
|
5
|
pa/pi/campuran
|
8. Puitisasi
|
5
|
pa/pi/campuran
|
Jumlah
|
30
| |
KATEGORI TQA
| ||
1. Tilawah
|
2
|
pa & pi
|
2. Hafalan (Tahfidz) Juz’amma
|
2
|
pa & pi
|
3. Tarjamah Lafdziyah
|
3
|
pa/pi/campuran
|
4. Kisah Islami
|
2
|
pa & pi
|
5. Kaligrafi
|
2
|
pa & pi
|
6. Ceramah Bahasa Indonesia
|
2
|
pa & pi
|
7. Ceramah Bahasa Inggris
|
2
|
pa & pi
|
8. Ceramah Bahasa Arab
|
2
|
pa & pi
|
9. Peragaan Sholat Berjamaah
|
5
|
campuran
|
10. Rebana
|
10
|
pa/pi/campuran
|
Jumlah
|
32
|
1. TARTIL AL QUR’AN
a. Materi Lomba :
1) TKA, membaca ayat antara Juz 1 - 10, waktu 5 menit.
2) TPA, membaca ayat antara Juz 11 - 20, waktu 5 menit.
c. Sistem Penilaian:
Pelaksanaan lomba dinilai oleh 3 orang hakim sesuai dengan bidang dan keahliannya masing-masing yang diatur sebagai berikut :
1) Bidang Tajwid, terdiri dari:
a) Makharijul huruf . (مخا رج الحروف )
b) Sifatul huruf. ( صفا ت الحروف )
c) Ahkamul huruf. ( احكام الحروف )
d) Ahkamul Mad Wal Qoshr. ( احكام المد والقصر )
2) Bidang Fashahah dan adab, terdiri dari :
a) Al waqfu wal ibtida’ ( الوقف والابتداء )
b) Muro’atul Huruf wal Harokat ( مراعة الحروف والحركات )
c) Mura’atul Huruf wal ayat ( مراعة الحروف وا لايات )
d) Adabut Tilawah ( ا د ب التلا وة )
3) Bidang suara dan irama, terdiri dari :
a) Keindahan suara
b) Irama dan variasi
c) Keutuhan dan tempo bacaan
d) Pengaturan nafas
e) Jumlah lagu
f) Lagu pertama dan penutup
4) Aspek dan Score Penilaian :
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
2.
3.
|
Tajwid
Fashahah dan adab
Bidang suara dan irama
|
35
35
30
|
20
20
10
|
Jumlah
|
100
|
50
|
2. ADZAN DAN IQOMAT
d. Materi :
1). Materi Pokok : Lafadz Adzan dan Iqomat.
2). Materi Tambahan : Do’a sesudah adzan dikeraskan.
e. Aspek dan score Penilaian :
No.
|
Bidang penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
2.
3.
|
Bidang Tajwid & Fashahah
Bidang Lagu & Suara
Bidang Adab & Kerapihan
|
35
35
30
|
20
20
10
|
Jumlah
|
100
|
50
|
I. Cabang Lomba Ikrar dan Nasyid :
a. Peserta :
1) Santri TKA, 1 group putra/putri/campuran (sebanyak 5 orang).
2) Santri TPA, 1 group putra/putri/campuran (sebanyak 5 orang).
3) Boleh menggunakan alat musik (organ/gitar) atau kaset karaoke( Minus One).
4) Bentuk nyanyian vokal grup.
b. Kategori TKA/ TKQ :
Lagu Wajib : Betapa
Lagu Pilihan : - Sayangi Ayah Bunda
- Allah Maha Pencipta
- Satu Huruf
- Sholat
c. Kategori TPA/ TPQ :
Lagu Wajib : Di Keheningan Malam
Lagu Pilihan : - Ya Muhammad
- Munajat
- Tiada Tuhan Selain Allah
- Mukjizat
e. Aspek dan Score Penilaian
No.
|
Bidang penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Kualitas Vocal
Ketepatan Nada dan Kesesuaian Irama
Teknik Nafas dan Peralihan Suara
Penghayatan / Ekspresi
Variasi Gerak dan Kekompakan
Kostum
|
30
20
20
10
15
5
|
15
10
10
5
7
3
|
Jumlah
|
100
|
50
|
4. PUITISASI AL-QUR’AN
a. Peserta :
1) Santri TKA, 1 group putra/ putri/ campuran ( sebanyak 5 orang).
2) Santri TPA, 1 group putra/ putri/ campuran ( sebanyak 5 orang).
b. Materi :
1. Puitisasi Terjemah Al-Qur’an :
a) TKA : ……………………………………………….
b) TPA : ……………………………………………….
c. Waktu tampil 10 – 15 menit
d. Teknik tampil :
· Ayat Al-Qur'an tidak dibaca
· Puitisasi Al-Qur’an ditampilkan dengan sistem pembacaan puisi berantai/ kelompok (tidak membaca teks)
· Tidak menggunakan iringan alat musik
e. Aspek dan Score Penilaian :
No.
|
Bidang penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Tehnik Vocal/Intonasi/Artikulasi/Aksentuasi
Penghayatan
Gesture ( Ekspresi Gerak )
Sikap
Kostum
|
40
30
10
10
10
|
20
15
5
5
5
|
Jumlah
|
100
|
50
|
5. CERDAS CERMAT AL-QUR'AN
a. Peserta:
2) Santri TKA, 1 Group terdiri dari 3 orang Putra/ Putri/ Campuran
3) Santri TPA, 1 Group terdiri dari 3 orang Putra/ Putri/ Campuran
b. Materi CCQ dibuat oleh Panitia Khusus :
1) TK Al Qur’an, meliputi :
a) Buku Iqra' jilid 1 s/d 6.
b) Materi Hafalan Bacaan Sholat dan Surat Pendek.
c) Do'a Harian dan Adabnya.
d) Pengetahuan Keislaman/ Dinul Islam.
2) TP Al Qur’an, meliputi :
a) Al Qur’an
b) Ilmu Tajwid
c) Materi Hafalan Bacaan Sholat, Do’a Harian dan Adabnya, Surat Pendek serta Ayat Pilihan
d) Pengetahuan Keislaman / Dinul Islam
b. Ruang Lingkup Bahan Lomba Cerdas Cermat :
No.
|
Pokok Bahasan
|
Materi CCQ
| |
TKA
|
TPA
| ||
1.
|
Iqro jilid 1 – 3
|
1
|
-
|
2.
|
Iqro jilid 4 – 6
|
1
|
-
|
3.
|
Hafalan Bacaan sholat
|
2
|
1
|
4.
|
Hafalan Doa Harian dan Adabnya
|
2
|
2
|
5.
|
Hafalan Surah Pendek
|
2
|
2
|
6.
|
Hafalan Ayat Pilihan
|
-
|
1
|
7.
|
Ilmu Tajwid dan Al Qur'an
|
-
|
2
|
8.
|
Pengetahuan KeIslaman / Dinul Islam
|
2
|
2
|
Jumlah
|
10
|
10
|
6. MEWARNAI GAMBAR ( TK Al Qur’an )
a. Peserta
1) Santri TKA, terdiri dari satu (1) putra dan satu (1) putri.
2) Waktu 90 menit
3) Alat mewarnal dibawa oleh masing-masing peserta.
4) Kertas gambar disediakan oleh Panitia dengan A3.
b. Materi (Kerangka Gambar)
Gambar mengacu kepada tema : ……………………………….
c. Aspek dan Score Penilaian
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
A.
|
Bidang Variasi Warna
| ||
1. Pemilihan Warna
|
25
|
15
| |
2. Tata Warna
|
20
|
10
| |
B.
|
Bidang Keindahan
| ||
1. Kekayaan Warna
|
20
|
10
| |
2. Kekayaan Imajinasi
|
20
|
10
| |
3. Kebersihan dan Kehalusan
|
15
|
5
| |
Jumlah
|
100
|
50
|
7. MENGGAMBAR ( TP Al Qur’an )
a. Peserta :
1) Santri TPA, terdiri dari satu (1) putra dan satu (1) putri.
2) Waktu 120 menit.
3) Alat gambar dibawa oleh masing-masing peserta.
4) Kertas gambar disediakan oleh Panitia dengan ukuran A3.
b. Materi ( Kerangka Gambar ) :
Gambar mengacu kepada tema : " .............................................. "
c. Aspek dan Score Penilaian
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
A.
|
Bidang Bentuk Gambar
| ||
1. Kesesuaian gambar dengan tema
|
10
|
5
| |
2. Artistik
|
30
|
20
| |
3. Kelengkapan Imajinasi
|
20
|
10
| |
B.
|
Bidang Keindahan
| ||
1. Pemilihan Warna
|
15
|
5
| |
2. Kekayaan Imajinasi
|
15
|
5
| |
3. Kebersihan dan Kehalusan
|
10
|
5
| |
Jumlah
|
100
|
50
|
8. TILAWAH ( TQA )
a. Materi
1) Alternatif Maqro mengacu pada maqro yang telah ditentukan panitia
2) Maqro dibaca oleh peserta selama 6 - 7 menit atau menunnggu tanda berhenti dari Dewan Hakim
b. Sistem Penilaian sama dengan sistem penilaian pada lomba Tartil Al Qur’an TKA/TPA
c. Aspek dan Score Penilaian sebagai berikut :
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
|
Tajwid
|
40
|
20
|
2.
|
Fashahah dan Adab
|
20
|
10
|
3.
|
Bidang Suara dan Lagu
|
40
|
20
|
Jumlah
|
100
|
50
|
9. HAFALAN JUZ’AMMA
a. Tehnik Lomba :
1) Membaca/menyambung ayat yang dibaca oleh Dewan Hakim.
2) Menyebut nama surah yang dibacakan petugas.
3) Membaca ayat sebelumnya, yang dibaca oleh Dewan Hakim.
4) Setiap peserta mendapatkan 5 (lima) soal.
b. Materi Penilaian :
1) Bidang Tajwid, terdiri dari :
v Makharijul-huruf (مخا رج الحروف )
v Shifatul-huruf. ( صفا ت الحروف )
v Ahkamul-huruf. ( احكام الحروف )
v Ahkamul-madd wal qashr. ( احكام المد والقصر )
v Tamamul-qira’ah. ( تمام القراءة )
2) Bidang Fashahah dan adab, terdiri dari :
v Al-waqf wal ibtida’. ( الوقف والابتداء )
v Adabut-tilawah. ( ا د ب التلا وة )
v Tartil. ( ترتيل )
v Tamamul-qira’ah. ( تمام القراءة )
3) Bidang Tahfizh ( Hafalan ), terdiri dari :
a) Mura’atul-ayat : ( عة الايات مرا )
v Tarkul-ayat. ( ترك الايا ت )
v Tawaqquf. (توقف )
b) Sabqul-lisan :
v Tarkul-huruf awil-kalimah. ( تر ك الحروف اوالكلمات )
v Ziyadatul-huruf awil-kalimah. ( زياد ة الحروف او الكلمات )
v Tabdilul-kalimah awil-harakah. ( تبديل الكلمات او الحركات)
v Tardiidul-kalimah. ( ترديد الكلمات )
v Tamamul-qira’ah. ( تمام القراءة )
c. Aspek dan Score Penilaian :
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
|
Tajwid
|
40
|
20
|
2.
|
Fashahah dan Adab
|
20
|
10
|
3.
|
Tahfidz ( Hafalan )
|
40
|
20
|
Jumlah
|
100
|
50
|
10. TARJAMAH LAFDZIAH
a. Materi
1) Materi / bahan lomba adalah terjemahan surah al Qari'ah sampai Surah ad Duha (9 surat)
2) Pendekatan yang dilakukan adalah pemahaman tekstual dan kontekstual
3) Sistem penilaian mengacu pada cabang lomba Cerdas Cermat Al Qur’an ( lihat pada halaman 10 )
4) Materi dibuat oleh panitia khusus dengan ruang lingkup, sebagai berikut :
No.
|
Pokok Bahasan
|
Materi CCTL
|
Jumlah Soal
| ||
1.
|
Makna simbol /Nama Surah
|
2
|
2.
|
Makna Kalimah (Lafdziah)
|
4
|
3.
|
Intisari sebuah ayat
|
2
|
4.
|
Intisari sebuah surat
|
1
|
5.
|
Pemahaman Kontekstual
|
1
|
Jumlah
|
10
|
11. KISAH ISLAMI
a. Ketentuan Materi
1) Tema dan Inti cerita tentang pembentukan Aqidah-Akhlaq yang mengacu pada ayat Al-Qur’an dan atau Al-Hadits (sebagai rujukan utama). Kemasan ceritanya dapat diambil dari kisah-kisah dalam Al-Qur’an, Al-Hadits, Sejarah Islam sejak masa Rasulullah Saw sampai dengan masa Tabi’in (para Imam)
2) Setiap peserta harus menyiapkan dan menyerahkan narasinya kepada Dewan Hakim (diketik rapi) dan menyebutkan identitas pengarangnya
3) Durasi waktu maksimal antara 10 sampai 15 menit
b. Aspek dan Score penilaian
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
|
Isi Cerita
|
40
|
25
|
2.
|
Pengembangan Imaginasi
|
35
|
15
|
3.
|
Retorika Penyampaian Cerita
|
25
|
10
|
Jumlah
|
100
|
50
|
12. KALIGRAFI
a. Materi ( Pilihan Teks Kaligrafi )
1) Jenis tulisan adalah khat Naskhi atau Tsuluts (pilih salah satu)
2) Jenis kaligrafi Hiasan Mushaf
3) Peserta diperkenankan menggunakan “ Mal “
4) Bahan tulisan dipilih salah satu dari pilihan, sebagai berikut :
a) QS. Luqman ( 31 ): 11.
” Yaa Bunayya Laa Tusyrik billaahi, innasysyirka lazhulmun ’azhiim ”
b) QS. Al-Qamar ( 54 ) : 17
” Wa laqad yassarnal quraana lidzdzikri fahal min mudzdzakir ”
c) QS. Al-Mujadilah ( 49 ) : 11
” Yarfa’illahul ladziina aamanuu minkum wal ladziina uutul ’ilma darajaatin ”
d) Hadits Nabi SAW :
” Khairukum man ta’allamal quraana wa’allamahuu ”
e) Hadits Nabi Saw :
” Zayyinuu manaazilakum bishshalatai wa tilaawatil qur’aan ”
b. Alokasi Waktu dan Peralatan
1) Alokasi waktu yang disediakan maksimal 180 menit
2) Peralatan Kaligrafi disediakan oleh masing – masing peserta
3) Kertas disediakan oleh panitia penyelenggara dengan ukuran A2 ( 60 X 42 )
c. Aspek dan Score penilaian
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
|
Ketepatan Kaidah Tulisan
|
50
|
20
|
2.
|
Kebersihan Keindahan Penulisan
|
30
|
10
|
3.
|
Keserasian warna & ornamen/hiasan
|
20
|
20
|
Jumlah
|
100
|
50
|
13. LOMBA CERAMAH BAHASA INDONESIA
a. Materi/ Tema Pidato
Ketentuan materi atau tema pidato yang dibawakan adalah sebagai berikut :
1) TKA, dengan tema : " ................................... "
2) TPA, dengan tema : " ..........................................”
3) TQA, dengan tema : " ............................................ "
b. Waktu Pidato maksimal 10 -15 menit
c. Pidato tanpa menggunakan teks
d. Isi pidato dilengkapi dengan Al-Qur’an dan Hadits
e. Materi Penilaian :
1) Bidang Isi dan Bahasa terdiri dari :
a) Bobot uraian & cakupan
b) Sistimatika Uraian
c) Ungkapan Bahasa
d) Gaya Bahasa
2) Bidang Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits
a) Kebenaran Bacaan
b) Kebenaran Terjemah
c) Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3) Bidang Retorika / Metode Penyampaian
a) Vokal, Intonasi dan Aksentuasi
b) Ekspresi
c) Adab
f. Aspek dan Score Penilaian
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
|
Isi dan Bahasa
|
40
|
20
|
2.
|
Dalil
|
25
|
10
|
3.
|
Retorika / Metode penyampaian
|
35
|
20
|
Jumlah
|
100
|
50
|
14. LOMBA CERAMAH BAHASA ARAB
a.Materi
· Materi pidato bertemakan الجيل المستقبل
· Waktu Pidato maksimal 10 - 15 Menit
· Pidato tanpa menggunakan teks
· Pidato menggunakan Bahasa Arab Fushah
· Isi pidato dilengkapi dengan Al-Qur’an dan Hadits
b. Materi Penilaian
1) Bidang Isi dan Bahasa terdiri dari :
a) Bobot uraian & cakupan
b) Sistimatika Uraian
c) Ungkapan Bahasa
d) Gaya Bahasa
2) Bidang Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits
a) Kebenaran Bacaan
b) Kebenaran Terjemah
c) Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3) Bidang Retorika /Metode Penyampaian
a) Vokal, Intonasi dan Aksentuasi
b) Ekspresi
c) Adab
c.Aspek dan Score Penilaian
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
|
Isi dan Bahasa
|
40
|
20
|
2.
|
Dalil
|
25
|
10
|
3.
|
Retorika / Metode penyampaian
|
35
|
20
|
Jumlah
|
100
|
50
|
15. LOMBA CERAMAH BAHASA INGGRIS
a.Materi
· Materi pidato bertemakan ” .....................................................“
· Waktu Pidato maksimal 10 - 15 Menit
· Pidato tanpa menggunakan teks
· Pidato menggunakan Bahasa Inggris
· Isi pidato dilengkapi dengan Al-Qur’an dan Hadits
b. Materi Penilaian
1) Bidang Isi dan Bahasa terdiri dari :
a) Bobot uraian & cakupan
b) Sistimatika Uraian
c) Ungkapan Bahasa
d) Gaya Bahasa
2) Bidang Dalil dari Al-Qur’an dan Hadits
a) Kebenaran Bacaan
b) Kebenaran Terjemah
c) Kesesuaian dalil dengan topik dan uraian
3) Bidang Retorika /Metode Penyampaian
a) Vokal, Intonasi dan Aksentuasi
b) Ekspresi
c) Adab
c.Aspek dan Score Penilaian
No.
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
| |
Maksimal
|
Minimal
| ||
1.
|
Isi dan Bahasa
|
40
|
20
|
2.
|
Dalil
|
25
|
10
|
3.
|
Retorika / Metode penyampaian
|
35
|
20
|
Jumlah
|
100
|
50
|
16. SHOLAT BERJAMA'AH :
1.1. Peserta santri TPQ dan TQA.
1.2. Peserta kategori TPQ terdiri dari 2 grup secara terpisah, masing – masing grup beranggotakan 5 anak, grup putra dan grup putri.
1.3. Peserta kategori TQA terdiri dari 1 grup campuran sebanyak 5 anak.
1.4. Bacaan shalat dari Takbir sampai dengan Salam.
1.5. Bacaan Imam dari Takbir sampai Salam DIKERASKAN dan untuk makmum TIDAK DIKERASKAN.
1.6. Do'a yang dibaca sesudah sholat : Do'a Kedua Orangtua dan Kebaikan Dunia Akhirat dibaca bersama Imam dan Makmum DIKERASKAN.
1.7. Sholat Maghrib Berjamaah surat pendek yang dibaca pada rakaat pertama At-Tiin pada rakaat kedua Al-Kafirun.
1.8. Peserta lomba sholat Maghrib Berjamaah yang dikirim ke nasional merupakan peserta terbaik dari jamaah tersebut, dan hanya kategori TPQ.
1.9. Aspek penilaian dan skor :
No
| Bidang Penilaian | Penilaian | Ket | |
Maksimal
|
Minimal
| |||
1
|
Qouliyah
|
35
|
20
| |
2
|
Fi’liyah
|
35
|
20
| |
3
|
Do’a dan adab
|
30
|
10
| |
JUMLAH
|
100
|
50
|
NB.
Untuk cabang lomba seperti Ikrar dan Nasyid, Puitisasi Al-Quran, Mewarnai Gambar, Menggambar, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, TEMAnya sama dengan FASI IV :
A. Tema Puitisasi Al-Qur’an :
a. TKQ : Surat An-Nashr, Al-Ikhlash, Al-Falaq.
b. TPQ : Surat Al-Ma’un, Al Humazah, Al-Zalzalah, Al -‘Adiyat.
B. Tema Mewarnai Gambar : Hijau Negeriku.
C. Tema Menggambar : Kita Semua Bersaudara.
D. Tema Pidato Bahasa Indonesia :
a. TKQ : Qur’anku Keren.
b. TPQ : Rasulullah SAW Idolaku.
c. TQA : Generasi Dambaan Ummat.
E. Tema Pidato Bahasa Arab :الجيل المستقبل = al jailul mustaqbal (Generasi Masa Depan)
F. Tema Pidato Bahasa Inggris : The Proud Generation (Generasi Dambaan)
G. Ketentuan Lomba Rebana :
a. Peserta santri TQA, 1 grup putra/ putri/ campuran (sebanyak maksimal 10 orang).
b. Setiap peserta/ grup membawakan lagu wajib “Sholatun”, dan satu lagu pilihan bebas.
c. Alat musik membawa sendiri.
d. Waktu tampil 10 – 12 menit.
e. Aspek dan skor penilaian :
No
|
Bidang Penilaian
|
Penilaian
|
Ket
| |
Maksimal
|
Minimal
| |||
1
|
Kualitas vokal
|
30
|
15
| |
2
|
Ketepatan Nada & Kesesuaian Irama
|
20
|
10
| |
3
|
Tehnik Pengaturan nafas & Peralihan suara
|
20
|
10
| |
4
|
Penghayatan / Ekspresi
|
10
|
4
| |
5
|
Variasi Gerak & Kekompakan
|
15
|
8
| |
6
|
Kostum
|
5
|
3
| |
JUMLAH
|
100
|
50
|
BISMILLAHIR ROHMANIR ROHIM
IKRAR
AKU SANTRI
TK/ TP AL-QUR’AN BKPRMI
DEMI BAKTIKU KEPADA ILAHI
DAN CINTAKU KEPADA AL-QUR’AN SUCI
AKU BERJANJI
1. RAJIN SHALAT SEPANJANG HAYAT
2. TAK LUPA MENGAJI SETIAP HARI
3. BERBAKTI KEPADA AYAH DAN IBU
4. TAAT DAN HORMAT KEPADA GURU
5. MENUNTUT ILMU TIADA JEMU
6. SAYANG KAWAN TAK SUKA LAWAN
MARS TK AL-QUR’AN
Cip. Tasyrifin Karim
Kamilah Santri TK Al-Qur’an
Rajin belajar giat beramal
Qur’an di tangan jadi pedoman
Kita sambut kebangkitan Islam
Bila kau jauh dari Al-Qur’an
Hidup laksana dalam gulita
Tiada pedoman tak tentu arah
Dunia akhirat tidak bahagia
Bila kau s’lalu dengan Al-Qur’an
Hidupmu pasti akan bahagia
S’lamat di dunia damai sejahtera
Di akhirat mendapat surga
HYMNE TKA - TPA
Cip. Sustam Mulyadi
Sejak kecil kami baca
Al-Qur’an pedoman kami
Agar tenang jiwa raga
Selamat dunia akhirat
Reff :
Yaa Allah curahkanlah
Rahmat-MU kepada kami
Jadikanlah Qur’an suci
Jalan terang hidup kami
Tekad kami putra putri
Santri TKA - TPA
Pegang teguh Qur’an suci
Mengharap ridha Ilahi
H. Formulir Pendaftaran
Formulir Pendaftaran Peserta dapat di download pada link berikut :
Formulir Pendaftaran
sukron katsir Badko TPQ yess
BalasHapus